Kamis, 27 Maret 2014

Keindahan di Lokasi Lumpur Lapindo

Lumpur Lapindo, adalah peristiwa meluapnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc. Di Dusun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia, sejak tanggal 29 Mei 2006. Banyak sekali rumah dan lahan pertanian yang terendam oleh luapan lumpur tersebut. Hingga saat ini lumpur lapindo masih belum terselesaikan dan masih menjadi sebuah tanda tanya bagaimana cara menghentikannya. Namun kali ini saya ingin berbagi pengalaman saat saya berkunjung kesana. Diantara hamparan lumpur ada beberapa keindahan yang bisa diabadikan, sambil mengendari sepeda motor saya tak lupa untuk mengambil foto dari lokasi lumpur lapindo. Dan saat itu cuacanya sangat tepat untuk mengabadikan moment di kawasan tersebut. Disana saya merasa ada aura tersendiri dari kawasan tersebut, dan membuat saya semakin tertarik untuk melanjutkan perjalanan saya di lokasi lumpur lapindo. Saat lumpur mengering saya bisa berjalan jalan ke area yang mendekati titik pusat lumpur, walaupun ada perasaan takut saat menginjakan kaki menuju ke tengah. Rasa penasaran saya terpuasakan ketika saya berhasil menuju ketitik yang saya kehendaki, disana saya sempatkan mengambil foto dengan latar belakang sebuah gunung dari kejauhan. Walaupun gersang tapi saya merasa senang dan tak terpikirkan lagi panasnya cuaca saat itu. Dengan segala kesempatan yang ada saya mengabadikan moment tersebut, baik itu untuk dibagi kepada teman ataupun saya simpan sebagai kenangan yang mungkin bisa saya ceritakan dikemudian hari saat nanti saya mempunyai keturunan. Setelah puas mengabadikan moment, saya pun beranjak meninggalkan lokasi tersebut. Di tengah perjalanan menuju rumah saya merasa bahwa ada sebuah hikmah dibalik sebuah bencana. Memang lumpur lapindo mengakibatkan banyak kerugian di berbagai pihak, namun dari situ banyak sekali orang yang ingin berkunjung kesana untuk melihat lebih dekat tentang lumpur lapindo. Dengan banyaknya wisatawan yang datang bisa menghasilkan sebuah pendapatan bagi penduduk setempat dan menjadikan objek lumpur lapindo menjadi tempat wisata. Keindahan, eksotisme dan fenomena yang ada disana, seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang ingin berkunjung kesana.

Selamat menikmati , Salam - Jejak Langkah.





































Tidak ada komentar:

Posting Komentar